Mengapa Pinjaman Dana Cepat Cocok untuk Negara Berkembang?

Dibandingkan dengan beberapa dekade lalu, Indonesia telah mencapai babak baru dalam dunia industri maupun perbankan. Contohnya, saat ini Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dana cepat tunai hanya dengan bermodalkan smartphone saja. Jika dilihat dari kacamata sebagai negara berkembang, inilah alasan kenapa pinjaman instan tersebut wajib ada.




Kecepatan Menjadi Kunci Sukses di Dunia Internet

Dulu, mungkin negara berkembang masih menjadi bulan-bulanan invasi kemajuan yang ada di Jepang, Korea, Cina, atau negara-negara barat. Tapi berkat adanya teknologi, kini Indonesia sudah mengalami kemajuan yang pesat. Akses informasi jadi tidak terbatas karena bisa diserap melalui jejaring internet.

Untuk menyikapi hal tersebut, maka muncullah model pinjaman dana cepat tunai yang bisa didapatkan hanya dengan bermodalkan smartphone serta identitas pribadi. Salah satu yang paling kentara perkembangannya saat ini adalah Tunaiku yang merupakan produk layanan resmi dari Amar Bank.

Di Tunaiku, Anda bisa meminjam dana mulai dari 2 juta Rupiah hingga 20 juta Rupiah dengan tenor maksimal selama 20 bulan. Uniknya, semua prosesnya bisa 100% menggunakan akses internet. Baik ketika mengajukan lewat aplikasi, komunikasi via e-mail, dan lain sebagainya. Bahkan penandatanganan kontraknya juga lewat online.

Dengan kecakapan Tunaiku selama ini, maka proses validasi hingga pencairan dana berlangsung begitu singkat, yakni kurang dari 3 hari. Dengan statusnya sebagai pionir di bidang pinjaman online, rasanya sulit para pesaing untuk melampaui capaian Tunaiku. Soalnya Tunaiku yang membentuk model bisnis berupa pinjaman dana cepat tersebut.

Dengan kecepatan pencairan pinjaman tersebut, maka Tunaiku turut menyumbang capaian baru di negara berkembang seperti Indonesia. Para pelaku usaha, karyawan, ibu rumah tangga, dan lainnya bisa turut memanfaatkan dana tersebut tanpa harus menunggu waktu lama. Alhasil, siklus industri yang ada di Indonesia bisa berjalan lancar dari hari ke hari.

Membuka Lahan Baru untuk Para Investor Luar Negeri

Pinjaman dana cepat yang dikembangkan di Indonesia rupanya menarik minat para investor luar negeri. Memang begitulah seharusnya ketika kita memiliki orientasi untuk maju. Tanpa kerja sama dengan pihak luar, kemajuan rasanya akan sulit dicapai. Soalnya di negara Indonesia sendiri masih memiliki persentase kemiskinan yang cukup tinggi.

Peta bisnis ini tidak berbeda dengan apa yang dilakukan oleh tokoh-tokoh di balik start-up raksasa Indonesia. Para CEO start-up tersebut mencapai derajat unicorn bukan hanya dengan hasil usaha tangan sendiri. Tetap ada campur-tangan dari pihak investor untuk membuat start-up tersebut berkembang demikian suksesnya.

Meskipun kepemilikan saham dibagi dan menjadi model bisnis perseroan, tetap memberikan keuntungan secara pribadi seiring tren yang naik. Namun, uniknya, pinjaman dana cepat tunai yang ada di Tunaiku tidak sepenuhnya mendapat suntikan dana dari investor. Dengan modal pengalaman selama bertahun-tahun, Amar Bank optimis bisa melewati rintangan secara mandiri.

Sebagai gantinya, meskipun Tunaiku tidak terdaftar lagi sebagai fintech di daftar hadir OJK, saat ini justru bermitra dengan Dukcapil yang notabene bagian resmi dari pemerintah. Jadi, konsep pinjaman dana cepat tunai yang ditawarkan mampu membuka peluang besar untuk setiap lini di pemerintahan Indonesia.
Demi Menyongsong Era Digital dan Masa Depan

Kehadiran pinjaman dana cepat yang bisa dicairkan via daring tentu sangat menguntungkan untuk masyarakat di negara berkembang. Para praktisi keilmuan yang berpusat pada dunia teknologi meramalkan, bahwa di kemudian hari segala bentuk transaksi akan dititikberatkan pada akses internet. Ya, minimal bersentuhan dengan dunia teknologi.

Apakah berarti model pinjaman online yang ada di Indonesia lahir secara prematur? Tentu saja tidak. Jika Anda menyimak beragam perkembangan, baik secara ekonomi dan teknologi terbarukan, negara kita sudah lebih dari siap untuk beradaptasi dengan negara-negara maju. Sekarang saja sudah banyak yang menyediakan layanan pinjaman dana cepat via online.

Ke depannya, bakal lebih banyak lagi hal-hal yang bersifat elementer serta prinsipil di Tanah Air yang kemudian terintegrasi dengan dunia teknologi dan era digital. Salah satu yang sudah berkembang antara lain simpan-pinjam via online. Para nasabahnya hanya perlu duduk manis saja di kursi masing-masing ketika bertransaksi maupun meninjau pengajuan pinjaman itu.

Memiliki Fungsi untuk Membuka Kesempatan Berwirausaha

Salah satu peruntukan pinjaman dana cepat antara lain untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi siapa pun yang mau membangun usaha mandiri. Maklum, selama ini pendanaan yang berujung pada keterbatasan modal masih jadi problematika utama bagi calon wirausaha. Alhasil, ide besar untuk menciptakan usaha pun kandas karena keterbatasan tersebut.

Sejak dulu memang sudah ada jenis pinjaman konvensional dari bank-bank umum. Akan tetapi, jika dinilai dari segala segi, tetap kurang praktis. Soalnya sangat sedikit di zaman dulu yang memiliki rekening. Begitu pula yang memiliki jaminan sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut.

Sedangkan di Tunaiku, pinjaman dana cepat yang tersedia bisa cair meskipun Anda tidak punya rekening maupun jaminan apa-apa. Cukup dengan modal smartphone dan identitas pribadi, dana akan mendarat secara otomatis begitu proses verifikasi dan peninjauan dari Tunaiku terselesaikan.

Selanjutnya, uang tersebut bisa Anda tunaikan lewat mesin ATM atau sarana lain. Kemudian bisa digunakan untuk memodali ide kreatif atas usaha Anda. Sampai sekarang, sudah banyak yang terbukti berhasil setelah mendapatkan suntikan dana langsung dari Tunaiku. Bahkan melampaui apa yang dipatok oleh masing-masing wirausaha.

Ketika Anda menjadi wirausaha, peminjaman dana segar tersebut sama halnya dengan berinvestasi. Hanya saja, tren bisnis serta perkembangannya tergantung dari bagaimana cara Anda mengelola usaha tersebut. Jadi tidak ada ruginya ketika mengajukan pinjaman dana cepat cair, asalkan pertimbangan atas usaha Anda sudah matang dan lulus trial & error.

Praktis dan Mudah Sekali Digunakan

Pada dasarnya, uang yang berhasil dicairkan dari pinjaman online itu sama dengan uang tunai. Hanya saja, bentuk awalnya berupa data-data yang bisa dengan mudah Anda pantau lewat aplikasi. Soal besaran dananya tentu sesuai dengan yang Anda kehendaki. Tanpa ada potongan karena sifatnya penyedia pinjaman tersebut untuk melayani, bukan mengeruk keuntungan.

Memang sih ada yang agak memberatkan nasabah seperti memberlakukan bunga tinggi atau tidak wajar. Ada pula yang memberikan tenor sesingkat-singkatnya. Meskipun dana yang bisa dicairkan itu besar, tetap tidak memiliki kesan telah terbantu. Apalagi kalau sampai ditagih-tagih hanya karena terlambat beberapa jam saja.

Di Tunaiku tidak seperti itu. Ketika Anda terlambat, hanya ada pengingat. Itu pun tidak sering. Sebagai gantinya, Anda wajib membayar denda keterlambatan untuk membayar tanggung jawab cicilan yang lalai.

Di luar hal itu, dana di Tunaiku terkesan sangat praktis. Ketika Anda berada dalam posisi yang tidak menguntungkan seperti terjebak situasi darurat, masih bisa keluar berkat bantuan dari Tunaiku. Soalnya ketika harus pinjam ke keluarga dan tetangga, ada semacam perasaan tidak enak hati karena harus berutang budi.

Pinjaman dana cepat tunai di negara berkembang berpotensi tumbuh subur hingga tahun-tahun mendatang. Maklum, sampai sekarang masih banyak yang terjerat kasus bersama rentenir. Bagaimanapun juga, ketika Anda berutang ke rentenir itu hanya mendapati kerugian. Tidak seperti pinjaman online dari Tunaiku yang murni melayani masyarakat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label