Jual Beli Mobil Bekas : Inilah Tips Beli Mobil Bekas yang Tidak Boleh Diabaikan


Jual beli mobil bekas menjadi solusi yang masuk akal guna mendapatkan mobil idaman dengan harga murah.Ada kalanya kita membutuhkan mobil untuk aktivitas sehari hari, entah itu untuk bekerja ataupun sekedar hang out bareng teman-teman. Namun masalahnya, harga mobil baru sangatlah mahal, bahkan seharga rumah tipe 36. Tentu untuk keluarga baru atau millennial sangat memberatkan, dan mencari orang yang jual beli mobil bekas agar mendapat harga yang lebih murah.



Namun tentu saja, membeli mobil bekas bukanlah perkara yang mudah. Terlebih jika belum paham betul kriteria mobil yang bagus. Banyak orang menjual mobil yang masih dalam kondisi bagus. Akan tetapi tidak sedikit pula yang menjual mobilnya dalam keadaan kurang baik atau mesinnya tidak ori. Di sinilah pentinya kecermatan saat memilih mobil bekas. 

Tips Membeli Mobil Bekas 

Membeli mobil bekas tidak boleh sembarangan, perlu kiat-kiat khusus untuk mengecek beberapa hal sebelum deal. Berikut tips membeli mobil bekas yang perlu Anda perhatikan.

1. Mengecek Harga Pasaran di Internet

Ini adalah hal penting yang bisa dilakukan, terutama jika kali ini merupakan pengalaman pertama Anda membeli mobil. Lakukan survei sederhana di internet untuk mengetahui harga pasaran mobil bekas. Cek harga dari beberapa situs mobil bekas, lalu bandingkan harganya. 

2. Beli di Tempat Terpercaya

Mengingat harga mobil ini tidak murah, maka Anda pun tidak bisa membelinya tanpa melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Termasuk tidak selektif memilih tempat yang menjual mobil bekas. Untuk  itu pastikan Anda membeli mobil melalui situs jual mobil bekas yang terpercaya. Kini banyak sekali situs yang menyediakan mobil bekas, namun tidak semuanya menawarkan mobil yang berkualitas. 

3. Mengecek Speedometer

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan speedometer tidak melebihi angka 80 ribu atau 100 ribu kilometer. Jika angka speedometer berada pada kisaran angka itu, maka mobil bisa dikatakan bahwa mobil tersebut sudah “lelah”. Prioritaskan memilih mobil bekas yang speedometernya masih di kisaran 20 atau 50 ribu kilometer.

4. Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Mengecek kondisi mesin ini memang membutuhkan pengetahuan mesin yang mumpuni. Nah, apabila Anda kurang memahami seluk beluk mesin, Anda bisa mengajak rekan yang lebih paham perihal mesin mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil hanya karena tampilannya yang mulus padahal mesinnya sudah tidak layak.

5. Mengecek Kondisi Bodi

Bagian mobil yang pertama kali terlihat adalah bodi mobil. Meski kondisi mesin harus menjadi prioritas, namun setelah itu Anda juga perlu memastikan bahwa kondisi bodi mobil masih dalam kondisi bagus. Pastikan bodi mobil tidak mengalami kelecetan maupun cat warna yang pudar. Walaupun membeli mobil bekas, hal ini juga tidak boleh diabaikan.

6. Jangan Buru-Buru Transaksi

Membeli mobil bekas haruslah hati hati, jangan langsung tergoda dengan bodi mulus ataupun harga diskon. Tetap objektif dan lakukan perbandingan di 2 atau 3 tempat yang jual beli mobil bekas sebelum akhirnya memilih satu dealer yang paling meyakinkan.

7. Cek Surat Kelengkapan

Untuk menghindari mendapatkan mobil curian atau tidak, pastikan surat-surat kendaran seperti STNK & BPKB benar-benar lengkap. Perhatikan dengan seksama apakah ada yang mencurigakan, jika tidak yakin, fotocopy saja surat suratnya dan dicek di polres. Itu merupakan cara yang tepat untuk memastikan bahwa mobil yang ditawarkan adalah mobil yang statusnya jelas.

Demikianlah 7 tips memilih mobil bekas yang perlu Anda perhatikan. Ingat, harga mobil tidaklah murah, jadi usahakan untuk memilih situs jual beli mobil bekas yang terbukti aman dan kualitas mobil yang ditawarkan masih bagus.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label