Ini Dia Cara Mudah Atasi Mual Saat Hamil

Mual saat hamil sering dirasakan ketika berada di fase awal kehamilan. Untuk para sebagian ibu, awal kehamilan menjadi masa yang tidak mudah untuk dilewati. Karena pada fase ini, ibu akan mengalami banyak perubahan dan keluhan yang menjadi reaksi alami dari kehamilan.

Keluhan yang paling banyak dirasakan semua ibu adalah mengatasi mual saat hamil. Menurut penelitian, sekitar 70 persen wanita mengalami mual di fase awal kehamilan dan 50 persen diantaranya mengalami muntah. Namun tiap wanita memiliki frekuensi yang berbeda, ada yang ringan dan ada pula yang sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.




Nah, jika Anda termasuk ibu hamil yang mengalami masalah yang sama, perlu menyimak info berikut ini, mengenai cara mengatasi mual saat hamil :

1. Mencium aroma wangi yang menyegarkan

Ketika hamil, mual yang muncul umumnya disebabkan karena penciuman sensitif. Ini terjadi karena hormon estrogen yang menyebabkan sensitifitas indera penciuman juga ikut meningkat. Maka dari itu, tidak mengherankan jika ibu hamil bisa mencium aroma kurang sedap yang berada jauh beberapa meter darinya, atau malah tidak menyukai aroma tertentu ketika hamil. Contohnya, langsung merasa mual ketika mencium bau suami.

Ketika ibu hamil mencium aroma yang tidak disukai, maka akan merasa mual dan bisa mengalami muntah. Untuk mengatasinya, bisa mencoba menghirup aroma wangi yang menyegarkan, misalnya lemon atau rosemary yang bisa mengurangi rasa mual. Jangan lupa pilih aroma yang mengandung bahan alami.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

Ketika hamil, kebutuhan cairan akan lebih banyak daripada sebelum hamil. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih sebanyak 10-12 gelas per hari. Jika kebutuhan cairan sudah terpenuhi, maka suhu tubuh juga bisa terjaga. Ketika tubuh memiliki cairan cukup, maka rasa mual dan ingin muntah juga dapat berkurang.

3. Makan sedikit demi sedikit

Perut ibu hamil umumnya terasa kembung karena asal lambung meningkat. Ini biasanya membuat nafsu makan menjadi berkurang karena rasa mual yang berlebihan. Namun, di satu sisi ibu hamil harus tetap makan untuk memenuhi nutrisi janin.

Solusi yang bisa dilakukan adalah tetap makan walaupun dengan porsi sedikit demi sedikit namun dengan intensitas yang sering. Jika Anda memaksakan untuk makan dengan porsi banyak, dapat memberatkan sistem kerja pencernaan, sehingga rasa mual akan semakin bertambah. Anda bisa menyiapkan cemilan biskuit kemanapun Anda pergi untuk menghilangkan rasa mual. Jangan sampai Anda membiarkan perut dalam keadaan kosong.

4. Mengonsumsi jahe atau permen jahe

Ternyata jahe bisa membantu mengatasi mual ketika hamil. Anda bisa menambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat ataupun teh. Lalu minum hingga rasa mual mereda. Anda juga bisa mengonsumsi permen jahe ketika mual datang.

5. Mengalihkan perhatian ibu pada hal yang disukai

Jika rasa mual yang datang cukup mengganggu, Anda bisa mengalihkan pikiran pada hal lain yang disukai dan bisa membantu Anda melupakan rasa mual sementara waktu. Anda bisa mencoba berbagai hal, mulai dari membaca buku, bermain game, atau berjalan-jalan menghirup udara luar. Beberapa ibu hamil juga melakukan olahraga ringan untuk mengurangi rasa mual yang ada.

Itu dia beberapa cara mudah untuk mengatasi mual saat hamil. Tentunya hal ini adalah hal wajar yang dialami oleh para ibu hamil, namun jangan sampai rasa mual tersebut, membuat kesehatan Anda terganggu dan akan berpengaruh buruk pada janin yang sedang dikandung. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami hal yang sama. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label